Kaya lewat Terjemahan

Posted on June 6, 2009

14


Penerbit : Qanita
Cetakan : Pertama, Mei 2009
Tebal : 196 halaman
Beli di : Togamas Petra Surabaya
Harga : Rp 24.500,00 (sudah diskon 30%)

Saya sekilas mengetahui judul buku ini dari belanjaannya Teh Rini. Ketika berkesempatan ke Togamas pada malam Sabtu yang lalu, saya pun tidak berpikir panjang untuk mencomot buku ini. Selain alasan ancang-ancang masa depan, juga karena Togamas sedang mengenakan diskon 30% untuk semua jenis buku hingga 7 Juni 2009 (hari ini, red). Togamas emang baik, ya? *promosi*

Buku yang terbagi dalam 12 bab ini membeberkan secara lengkap rahasia-rahasia sukses di bisnis alih bahas. Mulai dari syarat menjadi penerjemah, bidang penerjemahan, di mana bisa mendapatkan bahan terjemahan, dan berbagai kiat alias tips and tricks lainnya seputar dunia penerjemahan.

Selain menyediakan langkah-langkah praktis, penulis juga tak pelit membagi pengalamannya sendiri yang sejak mahasiswa telah menggeluti dunia alih bahasa ini. Bahkan, buku ini terasa makin lengkap dengan true-story dari beberapa penerjemah yang sukses secara finansial di bidang ini.

Ya, buku ini memang lebih ditekankan pada bagaimana kaya lewat penerjemahan. Tidak hanya kaya secara materi, namun juga penulis berkali-kali, lewat bahasanya yang enak dan tidak menggurui, agar penerjemah juga kaya hati. Dia mencontohkan dengan pengalamannya sendiri yang pernah dibayar oleh klien dengan sekotak roti, padahal seharusnya klien tersebut membayar setengah juta rupiah. Penulis pun menyabarkan diri, ikhlas, serta yakin bahwa rejeki yang jauh lebih besar akan menghampirinya. Mungkin tidak melalui klien tersebut nantinya, tapi bisa jadi melalui pihak lain.

Penulisan yang terstruktur, rapi, bahasa yang mudah dimengerti, serta summary tips box (kotak berisi tips ringkas) yang terdapat di akhir tiap bab menjadi nilai lebih buku ini. Saya bahkan hanya memerlukan waktu kurang dari sehari untuk menamatkannya. Pada bagian yang menjabarkan detil-detil dunia penerjemahan, seperti penghitungan tarif penerjemahan juga saya cermati baris per baris. Tidak membuat kening berkerut, kok. Oya, penulis pun berbaik hati mencantumkan alamat lengkap beberapa penerbit di Indonesia.

Bagi Anda yang mahir berbahasa asing (lisan maupun tulisan), senang memperluas relasi, senang bepergian secara gretongan, suka menambah pengalaman, serta ingin mendapatkan penghasilan besar tanpa perlu ngantor, maka buku ini sangat cocok untuk Anda.

Saya bersyukur bisa menemukan dan membaca buku ini. Setidaknya, saya makin punya rancangan yang jelas mengenai masa depan saya (hehehe…). Dan, keinginan saya untuk bekerja di media pun terlihat mendapat celah setelah membaca buku ini. Untuk lebih mantap, saya pun berencana mengisi liburan semester ini dengan mengambil kursus penerjemahan saja. Daripada pulang ke Lombok dan main-main mulu. Doakan saya ya? *loh* Eiiitsss… Beli bukunya juga dong!

Posted in: Uncategorized