Sepeda Ontel Kinanti

Posted on January 13, 2010

6


Saya belajar banyak dari Kinanti. Perjuangannya menuju sekolah dengan sepeda ontel pemberian ayahnya, kegigihannya mengumpulkan koran bekas untuk dibaca, semangatnya mengikuti lomba menulis (bahkan dengan melakukan observasi – riset kecil-kecilan), kasih sayang yang ditularkan kepada adik-adiknya, juga kerelaannya ketika sepeda miliknya itu dijual.

Tidak banyak anak kecil seperti dia. Apalagi di tengah ketersediaan segala fasilitas yang memudahkan anak-anak zaman sekarang dalam belajar. Namun, kita pun tidak bisa menutup mata bahwa di daerah-daerah pedalaman, masih ada Kinanti-Kinanti lainnya. Semisal, anak-anak di pedalaman Kalimantan yang menyusuri sungai-sungai untuk mencapai sekolah mereka. Juga murid-murid di pedalaman Papua yang ke sekolah harus menembus hutan, semak, berkilo-kilo meter jauhnya, dengan berjalan kaki!

Buku ini saya rekomendasikan pada anak-anak Indonesia. Saya yakin sekali, selesai membaca buku ini, akan ada sengatan energi yang menyentak jiwa anak-anak Indonesia untuk terus optimis dan tidak henti bermimpi dalam menggapai cita-cita. Mimpi, cita-cita, usaha, dan doa. Itu sekelumit pesan yang ditanamkan Kang Iwok dalam bukunya ini.

Tambahan lagi. Sejak halaman pertama, tokoh Kinanti mengingatkan saya pada sosok Lintang dalam Laskar Pelangi-nya Andrea Hirata. Baik itu perjuangan menempuh sekolah dengan bersepeda, ayahnya yang seorang nelayan, dua adiknya (Banyu dan Kirana), juga saat Kinan memenangkan lomba menulis (kalau di LP, Lintang dkk menang lomba cerdas cermat). Bagi saya, itu kemiripan yang tidak perlu diperdebatkan. Ini hanya asosiasi yang saya lakukan karena kebetulan sudah pernah membaca LP. Bisa jadi, Kang Iwok mencoba mentransferkan apa yang tersirat dalam LP melalui bahasa serta cerita yang lebih bisa dicerna oleh anak-anak.

Dan, saya mendapat suntikan ilmu mengenai penyu dari novel anak ini.

Bravo! buat Kang Iwok. Anak-anak Indonesia masih dan akan terus membutuhkan bacaan sebergizi Sepeda Ontel Kinanti ini!

Posted in: Uncategorized