Aku Senang Bersedekah (I Like Giving Alms)

Posted on January 27, 2010

8


Ilustrasi : Ferry B.
Penerbit : Dar! Mizan
Cetakan : I, Desember 2009
Harga : Gratis – Harga asli (Rp 15.000)

Saya tidak menyangka, komentar saya di blog penulisnya bergayung sambut dengan tawaran pengiriman sebuntel buku. Tepatnya sih 3 judul, yakni: Honeymoon with My Brother (terjemahan), Rant – English paperback (Chuck Palahniuk), dan buku anak-anak “Aku Senang Bersedekah” edisi bilingual yang ditulis sendiri oleh sang pengirim buntelan. Terima kasih, Mbak Kiky 🙂

Buku berilustrasi menarik yang berada di bawah tagline “Pelangi Hadis for Kids” ini pada dasarnya menceritakan manfaat bersedekah. Dengan mendasarkan pada hadis riwayat Al-Baihaqi yang berbunyi, “Turunkanlah (datangkanlah) rezeki (dari Allah) dengan mengeluarkan sedekah” ini, penulis mengetengahkan Saliha sebagai tokoh utama. Gadis cilik berjilbab ini tak segan-segan bersedekah uang bagi para korban banjir. Hari itu, saat pelajaran merangkai bunga dari saputangan, Sarah kehilangan kain berbentuk segi empat miliknya itu. Dia sedih, tentu saja.

Lantas, siapa yang berhati lembut meminjaminya saputangan? Apakah saputangan Sarah benar-benar hilang?

Buku setebal 24 halaman itu mengingatkan saya pada masa-masa SD, yang mana asupan bacaan saya dapatkan lebih banyak dari majalah Aku Anak Saleh (yang Alhamdulillah….masih eksis sampai sekarang). Buku-buku berilustrasi ciamik seperti “Aku Senang Bersedekah” ini, masih jarang saya jumpai waktu itu. Bisa jadi karena saya belum cukup ‘gila’ untuk main ke toko buku. Bisa pula karena bapak saya merasa berlangganan Aku Anak Saleh sudah lebih dari cukup.

Yang pasti, buku ini sangat bermanfaat, terutama dalam mengenalkan anak lebih dekat dengan hadis sejak dini. Apalagi ceritanya dalam dua bahasa, yakni Indonesia dan Inggris. So, there is why this book is worth it to collect for children .

*blog penulisnya: cabekriting.multiply.com*

Posted in: Uncategorized