[Travelicious Lombok] Ulasan Cek Yayan

Posted on March 21, 2011

5


Resensi oleh Cek Yayan di http://masfathin.multiply.com/reviews/item/310

Sedikit Berceloteh

Sebelum menjelajahi dunia, mari kita jelajahi dulu Indonesia tercinta! Lombok adalah satu ”kawasan dunia” yang berada di Indonesia. Melalui beberapa tayangan di TV keindahan Lombok tiada duanya. Maka itulah, selain yang nulis adik sendiri (ih ngaku-ngaku, protes Fatah hehehe), walau baru setitik, aku memang tertarik menjelajahi pulau bertabur mutiara ini. Tapi sebelum itu, cari info dulu sebanyak-banyaknya… dan Travelicious Lombok ini adalah pilihan yang tepat!

Tentang – Travelicious Lombok –

Buku ini disajikan dengan runut dan terarah. Asyik sekali, apa yang ada di benak kita jika kita ingin menjelajahi Lombok sudah dipaparkan lengkap melalui buku ini. ”Bagaimana agar bisa ke Lombok?” atau ”Berapa biaya yang harus disiapkan?” juga ”Tempat dan makanan apa yang gak boleh dilewatkan jika berada di Lombok?” tersaji di buku ini.

Membaca buku ini juga kita sekaligus bisa merasakan pengalaman Fatah dalam menjelajahi Lombok. Tentu perjalanan yang murah meriah (ini kan manfaat buku ini? kalau ternyata perjalanan yang disajikan berbudget WAH mana ada yang mau beli! Hihi). Jadi perjalanan sama yang dilakukan Fatah sangat mungkin kita lakukan.

Travelicious Lombok ini detil sekali. Sampai-sampai no handphone pemilik penginapan pun dicantumkan. Berbagai kebudayaan lokal juga dipaparkan bahkan sampai ada bonus bahasa penduduk lokal. Idenya cemerlang! Bagian yang paling aku sukai ketika Fatah membahas mengenai berbagai macam Gili (pulau-pulau kecil) yang ada di Lombok. Bonus gambarnya juga ada. Jadi kita benar-benar seperti menjelajahi Lombok betulan.

Ada yang bilang, kelemahan utama buku semacam ini adalah informasi yang ada di dalamnya akan terus berubah jadi mungkin buku ini akan basi dalam satu atau dua tahun ke depan. Memang, hal itu cukup beresiko dan menimbulkan kebimbangan, walau begitu menurutku tidak sepenuhnya benar. Toh Lombok masih di Indonesia ini.

Jika harga makanan yang ditulis 10 ribu, dalam satu atau dua tahun kedepan paling banter naik jadi 20 ribu. Atau jika ongos ojeknya 5 ribu, beberapa tahun kedepan mungkin paling mahal naik jadi 15 ribu. Masih bisalah terkaver dengan perjalanan ala gembel sekalipun 😀 paling mungkin informasi semacam nomor telepon ya… ada baiknya mungkin Fatah menginformasikan kepada pemilik no telepon yang dicantumkan di buku ini sehingga si pemilik nomor gak akan ganti-ganti hehe.

Travelicous Lombok adalah sajian yang yummy! Jadi, siapa yang mau traktir aku jalan-jalan ke Lombok? LHO??? Hahahahaha

Isi : * * * 1/2
Diksi : * * * *
Kaver : * * * *
Fisik buku : * * * *
Keseluruhan : * * * 1/2
Skor ala Yayan : B