Resensi Travelicious Lombok oleh Lian Gouw

Posted on April 10, 2011

8


Penulis : Lalu Abdul Fatah
Penerbit : B-First
ISBN : 978-602-88-6424-4. Februari 2011.

Sebagai buku panduan jalan-jalan di pulau Lombok, buku ini boleh dibilang mencapai tujuannya karena sesudah membacanya, saya ingin sekali berlibur di pulau Lombok. Susunan buku ini memudahkan pembaca membuat rencana perjalanan yang memberikan cukup kesempatan untuk mengalami kehidupan sehari-hari para warga Lombok. Selain dari itu, buku Travelicious Lombok juga mengantarkan wisatawan ke daerah-daerah yang tidak akan dapat dikunjung tanpa adanya petunjuk.

Melalui gambaran penulis, Lalu Abdul Fatah, saya dapat menikmati beberapa pemandangan gunung maupun pantai yang sangat menarik. Sambil membaca saya membayangkan bagaimana senangnya mengapungi ombak serta menikmati keindahan kehidupan laut di Gili Trawangan. Dalam impian khayal, saya menikmati mandi di bawah air terjun Sendang Gile yang sejuk setelah berjalan selama satu hari.

Keterangan tentang kunjungan ke tempat-tempat ini cukup luas dan terang. Begitupun keterangan tentang penginapan yang tersedia di sepanjang jalan. Penutupan setiap bab dengan bait-bait yang mengungkap tujuan terpilih dan perincian ongkos dari setiap hari sangat bermanfaat. Sayang sekali bahwa angka-angka yang disebutkan akan berubah dengan kemajuan waktu.

Selain membangkitkan ketertarikan pada hayati pulau Lombok, penulis juga membuka rasa ingin tahu saya mengenai kebudayaan masyarakat pulau ini. Kisah-kisah tentang masjid-masjid, makam-makam, dan rumah-rumah adat yang mencatat sejarah Lombok sangat menarik perhatian saya. Begitupun keterangan tentang perayaan-perayaan daerah seperti lebaran topat dan kebiasaan daerah seperti mempergunakan tahi kerbau di desa Sade, menyenangkan. Kerajinan tangan penduduk Lombok yang tersebar dari kerajinan emas, perak dan mutiara sampai membuat gerabah, anyaman lontar dan tenunan, juga cukup menarik.

Hal yang mendorong keinginan saya untuk berwisata ke pulau Lombok adalah pengetahuan yang saya dapatkan dari buku Travelicious Lombok bahwa penduduk pulau ini bersifat ramah tamah dan murah hati.

Menurut saya, membaca Travelicious Lombok adalah suatu keharusan dalam persiapan wisata ke pulau Lombok.

————————————–
Lian Gouw – penulis Menantang Phoenix
Penerbit PT Gramedia Pustaka Utama ISBN 978-979-22-6233-9
Terjemahan dari Only A Girl – ISBN 978-1-60749-397-6

Posted in: Uncategorized