Tinjauan “Travelicious Lombok” oleh Bambang Priantono

Posted on November 29, 2011

12


Penulis : Lalu Abdul Fatah
Penerbit : B-First Yogyakarta
Cetakan Pertama, Februari 2011
Halaman : x + 174 halaman

Saat ini buku-buku tentang traveling bergentayangan di berbagai toko buku hingga titik-titik wisata. Kebanyakan orang hanya tahu daerah wisata tertentu belaka dan hanya kesitu-situ saja mereka akan datang. Pulau Lombok kini juga sudah dilirik sebagai tempat tujuan wisata alternatif selain Bali karena banyak keunikan yang kadang tidak didapat di daerah lain. Namun…seberapa banyak buku panduan tentang pulau Lombok? Masih belum banyak…

Mau tahu buku yang menjabarkan tentang obyek wisata di Lombok secara detail? Buku Travelicious Lombok inilah jawabannya.

Buku karya Lalu Abdul Fatah yang kebetulan Bajang Sasak asli ini terasa otentik karena mampu menceritakan lebih dalam tentang Pulau Lombok dengan segala potensi wisata, baik alam maupun budaya. Semuanya diulas dengan gamblang, dari jadwal penerbangan, sarana transportasi, hingga rute-rute yang harus diambil dari satu lokasi wisata ke tempat lainnya. Disamping itu buku sederhana ini juga menjabarkan perincian biaya yang harus dikeluarkan selama perjalanan keliling Lombok, dari makan, minum, tarif transportasi hingga penginapan secara gamblang. Tempat-tempat penginapan rekomendasi juga dilampirkan sehingga para pembacanya bisa menyesuaikan dengan anggaran, termasuk zona-zona kulinernya.

Glosari bahasa Sasak juga dimasukkan disini. Saya rasa hal ini sangat berguna, karena meski orang Lombok umumnya bisa berbahasa Indonesia, akan sangat mengesankan dan berartinya interaksi anda dengan mereka bila anda punya sedikit pengetahuan bahasa Sasak.

Dengan gaya bahasa bertutur, penulis berusaha menggambarkan secara cermat bagaimanakah kondisi lokasi wisata yang dituju hingga perjalanannya yang terkadang menguras tenaga (cocok bagi backpacker yang berjiwa petualang tinggi), apalagi dia memang asli Lombok, jadi bisa lebih dalam tahunya. Pembaca sudah barang tentu akan bisa merasakannya sendiri.

Namun demikian, alangkah baiknya bila buku ini terus diupdate khususnya dari segi harga, karena harga yang tercantum dalam buku ini nantinya tidak akan selamanya tetap mengingat pergerakan biaya yang tidak bisa dikira. Setidaknya setahun sekali perlu dilakukan update tentang hal tersebut, sehingga wisatawan lokal khususnya tidak akan kaget lagi dengan perubahan harga tersebut.

Buku Travelicious Lombok ini perlu dimiliki bagi siapa saja yang berencana bepergian ke Lombok dengan anggaran cekak dan bisa menjangkau mana saja.

Kendati saya terlambat review..tapi…no problem kan?

Cak Nono recommends this one!

N.B. Dicomot dari http://bambangpriantono.multiply.com/reviews/item/267.

Advertisements
Posted in: Uncategorized